Cara Tambah Wawasan saat Kuliah di Luar Negeri

Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri tidak melulu untuk belajar. Banyak hal yang bisa kamu manfaatkan untuk menggali berbagai pengalaman berharga lainnya.

Nah, berikut ini beberapa cara memperkaya diri dengan wawasan baru selama kuliah di luar negeri.

Part time

Selain bisa menambah uang saku, kesempatan bekerja part time ini juga akan mempertemukanmu dengan sejumlah pelanggan dari berbagai latar belakang. Dengan keramahanmu, kamu bisa menjalin hubungan baik dan bertukar pendapat dengan mereka selama bekerja.

Traveling

Meski tinggal di suatu negara, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan traveling ke negara-negara lainnya. Apalagi jika kamu berkuliah di Eropa, sangat mudah bagi kamu untuk menjelajahi negara satu ke negara lainnya.

Perbanyak teman

Mahasiswa dari Indonesia hanya kamu sendiri, begitu juga mahasiswa asing datang dari berbagai negara. Jadi, kuliah di luar negeri bukan berarti kamu menutup diri dan hanya fokus belajar. Berbaurlah dengan sebanyak-banyaknya teman di kampus dan lingkunganmu.

Datangi berbagai acara menarik

Tiap negara biasanya memiliki banyak acara menarik, seperti festival, untuk didatangi. Manfaatkan waktu senggang untuk menyambangi berbagai acara tersebut. Selain bisa sebagai hiburan, kamu juga bisa menambah wawasan seputar budaya di negaramu tersebut. (